Contact Us
Find Our Page
// Instagram
// Follow Us

Usir Rasa Bosan di Kantor dengan 5 Cara Ini

5 cara mudah menghilangkan rasa bosan untuk meningkatkan mood kerja dan aktivitas di kantor. Simak!

Photo by Steve Ding on Unsplash
 
Rasa bosan dapat menghinggapi siapapun, termasuk Anda. Selama delapan jam bekerja, kebanyakan dari Anda menghabiskan sebagian besar waktunya di kantor. Saat bosan melanda, entah mengapa waktu berjalan lebih lambat dari biasanya. Nah, berikut ini ada lima cara mudah untuk mengusir kebosanan sekaligus meningkatkan produktivitas Anda.
 
1. Bercerita
 
photo source: pixabay.com
 
Cara yang dianggap paling mudah untuk menghilangkan rasa bosan adalah bercerita. Cari teman yang dapat Anda ajak bicara sekaligus memberi dukungan atau informasi yang diperlukan. Tidak melulu sahabat yang sudah Anda kenal sejak kecil, bisa juga teman kantor.
 
Menurut psikolog, Henny Wirawan, mereka yang memiliki sahabat cenderung lebih sehat secara mental daripada mereka yang tidak memiliki sahabat. Pasalnya, mereka yang tidak memiliki teman curhat cenderung terbenam dalam persoalan hidupnya sendiri tanpa memiliki kesempatan untuk mengutarakan keluh kesah.
 
2. Istirahat
 
photo source: pixabay.com
 
Setujukah Anda jika liburan menjadi salah satu cara terbaik agar kembali bersemangat saat bekerja? Brendon Burchard, penulis The Charge: Activating the 10 Human Drives That Make You Feel Alive, menyarankan untuk mengambil waktu cuti setiap sembilan puluh hari. Atau dengan kata lain empat kali dalam satu tahun.
 
Anda dapat pergi liburan bersama pasangan, rekan kantor, sahabat atau bahkan seorang diri. Tujuannya bersantai dari segala rutinitas yang monoton. Selama berlibur, jangan sekalipun memikirkan pekerjaan, deadline, klien, laporan dan hal lain yang berhubungan dengan kantor.
 
Jangan lupa untuk membuat rencana keuangan, daftar tempat yang akan Anda kunjungi sehingga Anda tidak terjebak di dalam hotel saja.
 
3. Manfaatkan waktu istirahat
 
photo source: pixabay.com
 
Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan disela-sela waktu istirahat Anda. Sebagai contoh, selesai istirahat makan siang Anda dapat merapikan meja kerja. Meja yang bersih dan tertata rapi akan memudahkan Anda saat bekerja.
 
Anda dapat memulainya dengan membuang hal yang tidak lagi diperlukan dari dalam laci. Gunakan laci sebagai tempat penyimpanan alat tulis kantor yang memang Anda perlukan, seperti kertas, pulpen, pensil atau dokumen penting.
 
4. Bersantap
 
photo source: pixabay.com
 
Tidak ada salahnya menjadwalkan wisata kuliner yang dapat Anda lakukan setidaknya satu kali dalam seminggu. Misalnya, setiap hari Jumat dan tidak harus restoran mewah. Tujuannya untuk menambah pengalaman bersantap Anda jika kebetulan Anda bekerja di luar kota atau menjadi ajang berkumpul dengan teman-teman sepulang kerja.
 
Selain itu, keuntungan berwisata kuliner setiap hari Jumat adalah banyaknya promo. mulai dari diskon 30 persen, Jumat Deals hingga Buy 1 Get 1 dari beberapa restoran dapat Anda nikmati setiap hari Jumat.
 
5. Mendengarkan musik
 
photo source: pixabay.com
 
Menurut penelitian di University of Gothenburg, rasa bosan yang menyebabkan stres dapat dihindari dengan cara mendengarkan musik yang disukai. Di samping itu, penelitian di University Maryland Medical Center menemukan kaitan erat antara kesehatan jantung dengan kebiasaan mendengarkan musik. Penelitian ini mengungkapkan bahwa musik-musik ceria meningkatkan aliran darah hingga 26 persen sehingga aliran darah menuju jantung lebih lancar.

Related Posts

Editor's Choice

Most Reads

Follow us on Instagram!

Follow us 👉 @alinear.id for more interesting updates, promos, and vouchers coming up! ✨

Or, click the button below to join and request the 2024 Alinear Indonesia collaboration & partnership program for your business and promotions.⁠

*Terms & Conditions Applied.

Contact us Contact us
img